Anak Farmasi Ga Tau Tokoh Muslim di Bidang Farmasi? Aneh dong yaa.. hha


Hari ini saya berusaha mengendalikan impuls impuls syaraf yang datang ke otak saya. Dengan dahi berkerut kerut saya berusaha sekuat tenaga untuk dapat berfikir di luar kebiasaan berfikir saya. Waah. Ternyata apa yang saya lakukan ini mendatangkan efek samping yang tidak saya duga! Lapeer..–‘’..haha.. :D
Setelah saya berfikir beberapa masalah dan solusi (sesuatu) yang mungkin dapat saya angkatkan ke masyarakat, tiba-tiba saya mulai berfikir tentang “dulu farmasi itu gimana sih? Apa ada tokoh-tokoh islam di bidangnya?”, waah sebetulnya saya sedikit jengkel dengan dunia kedokteran, karena sikik-sikik farmasis selalu dibawah dokter, *katanya… padahal kalau yang saya lihat, hubungan ilmu farmasi dan kedokteran itu bisa dibilang horizontal!
Bicara tentang tokoh islam, ternyata kagak cuma ada di dunia kedokteran aja! Di dunia farmasi juga ada tokoh-tokoh islam yang fenomenal! Tajam! Terpecaya! *weleh weleh..kayak sedang bawa siaran aja.
Cekidot…
Nama lengkapnya Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi. Namun salah satu ilmuwan Muslim terbaik yang pernah ada ini lebih dikenal sebagai Ibnu Al-Baitar. Dia dikenal sebagai ahli botani (tetumbuhan) dan farmasi (obat-obatan) pada abad pertengahan. Dilahirkan pada akhir abad 12 di kota Malaga (Spanyol), Ibnu Al-Baitar menghabiskan masa kecilnya di tanah Andalusia tersebut.
Ternyata..minatnya pada tumbuh-tumbuhan sudah tertanam semenjak kecil lho teman-teman! *mungkin ia satu-satunya anak kecil yang kalau ditanya cita-citanya apa, bakal jawab “ jadi FARMASIS”!!! haha.
Di samping itu, ketika ia beranjak dewasa, dia banyak belajar mengenai ilmu botani kepada Abu al-Abbas al-Nabati yang pada masa itu merupakan ahli botani terkemuka. Dari sinilah, al-Baitar pun lantas banyak berkelana untuk mengumpulkan beraneka ragam jenis tumbuhan.
Setelah tahun 1224 al-Baitar bekerja untuk al-Kamil, gubernur Mesir, dan dipercaya menjadi kepala ahli tanaman obat. Tahun 1227, al-Kamil meluaskan kekuasaannya hingga Damaskus dan al-Baitar selalu menyertainya di setiap perjalanan. Ini sekaligus dimanfaatkan untuk banyak mengumpulkan tumbuhan. Ketika tinggal beberapa tahun di Suriah, Al-Baitar berkesempatan mengadakan penelitian tumbuhan di area yang sangat luas, termasuk Saudi Arabia dan Palestina, di mana dia sanggup mengumpulkan tanaman dari sejumlah lokasi di sana. *waah..collector tumbuhan bgt dah!
Sumbangsih utama Al-Baitar adalah Kitab al-Jami fi al-Adwiya al- Mufrada. Buku ini sangat populer dan merupakan kitab paling terkemuka mengenai tumbuhan dan kaitannya dengan ilmu pengobatan Arab. Kitab ini menjadi rujukan para ahli tumbuhan dan obat-obatan hingga abad 16. Ensiklopedia tumbuhan yang ada dalam kitab ini mencakup 1.400 item, terbanyak adalah tumbuhan obat dan sayur mayur termasuk 200 tumbuhan yang sebelumnya tidak diketahui jenisnya. Kitab tersebut pun dirujuk oleh 150 penulis, kebanyakan asal Arab, dan dikutip oleh lebih dari 20 ilmuwan Yunani sebelum diterjemahkan ke bahasa Latin serta dipublikasikan tahun 1758.
Karya fenomenal kedua Al-Baitar adalah Kitab al-Mughni fi al-Adwiya al-Mufrada yakni ensiklopedia obat-obatan. Obat bius masuk dalam daftar obat terapetik. Ditambah pula dengan 20 bab tentang beragam khasiat tanaman yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Pada masalah pembedahan yang dibahas dalam kitab ini, Al-Baitar banyak dikutip sebagai ahli bedah Muslim ternama, Abul Qasim Zahrawi. Selain bahasa Arab, Baitar pun kerap memberikan nama Latin dan Yunani kepada tumbuhan, serta memberikan transfer pengetahuan.
Naah..teman2 udah pada tau salah satu tokoh muslim terkemuka di bidang farmasi kan?
Sekarang…siapa yang mau melanjutkan perjuangan Al-Baitar sebagai seorang muslim untuk menjadi ahli tanaman obat? *monggo dijawab :) 

hehehehe


oh ya, kunjungi juga ya teks asli ada di http://trustyourselves.wordpress.com :)

5 komentar:

  1. haii,, makasih ,, aku malah baru tahu kalo ada tokoh muslimnya, selama ini aku cuma taunya dari yunani aj :D mksih bnyk yaa ;)

    BalasHapus
  2. hhe, oke sama2, semoga bermanfaat ^^

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus